Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA MELALUI PENGGUNAAN PETA KONSEP MANDIRI PADA SISWA KELAS X-1 SMA NEGERI 6 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang IKA CHANDRA WIJAYANTI
Subyek/Subjek Fisika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIPUNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
Tahun Terbit 2013
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik Ika Chandra Wijayanti. 082150024. Peningkatan Motivasi Belajar Fisika melalui Penggunaan Peta Konsep Mandiri pada Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 6 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Purworejo. Program Studi Pendidikan Fisika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2013 Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar Fisika, karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar fisika melalui Penggunaan Peta Konsep Mandiri pada Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 6 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri 6 Purworejo, yang berjumlah 31 siswa terdiri atas 9 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Faktor yang diteliti yaitu berupa peningkatan motivasi belajar fisika. Data yang diperoleh berupa data kualitatif persentase. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan peta konsep mandiri dapat meningkatkan motivasi belajar fisika pada siswa. Hal ini ditandai dengan meningkatnya motivasi belajar siswa pada tiap siklusnya. Hasil observasi motivasi belajar fisika dari pra siklus yang mempunyai persentase 43,6% meningkat menjadi 58,9% pada siklus I sedangkan dari siklus I yang mempunyai persentase 58,9% meningkat menjadi 81,5% pada siklus II. Sedangkan hasil angket motivasi belajar fisika dari pra siklus yang mempunyai persentase 51,6% meningkat pada siklus I menjadi 70,8 dan dari siklus I yang mempunyai persentase 70,8% meningkat menjadi 86,2 . Hasil tes siswa juga mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Hasil tes pada pra siklus nilai rataratanya yaitu hanya mencapai nilai 56 dan belum mencapai KKM yang sudah ditentukan yaitu mencapai nilai 75. Pada siklus I nilai rata-rata hasil tes siswa mengalami peningkatan yaitu mencapai nilai 73 dan belum mencapai KKM. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata hasil tes siswa meningkat yaitu dengan rata-rata 85 dan sudah mencapai KKM yang sudah ditentukan yaitu mencapai nilai 75. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian, maka penulis dapat menyampaikan saran yaitu inovasi pembelajaran yang mengacu pada kemandirian siswa perlu dikembangkan guna meningkatkan motivasi belajar Fisika pada siswa yaitu dengan menerapkan penggunaan peta kosep mandiri. Kata kunci: motivasi belajar fisika, peta konsep
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya