DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | PEMANFAATAN ALAT PERAGA IPA UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA SISWA SMP NEGERI I BULUSPESANTREN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013 |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | Ayomi Prasetyarini |
Subyek/Subjek | Fisika |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIPUNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO |
Tahun Terbit | 2013 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | Ayomi Prasetyarini. 082150054. 2013. Pemanfaatan Alat Peraga IPA Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Pada Siswa SMP Negeri I Buluspesantren Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013. Program Studi Pendidikan Fisika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep fisika siswa SMP Negeri I Buluspesantren Kebumen. Guru kurang menekankan pada konsep dasar sehingga terasa sulit untuk siswa. Kurangnya variasi pengajaran dan jarangnya pemanfaatan alat bantu yang dapat memperjelas gambaran siswa tentang materi yang dipelajari. Selain itu siswa jarang masuk ke laboratorium, terbatasnya jumlah alat peraga di laboratorium dan belum digunakan secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa melalui pemanfaatan alat peraga IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIH SMP Negeri I Buluspesantren Kebumen berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 14 siswa putra dan 18 siswa putri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, metode angket dan metode observasi. Pengolahan data dilakukan dengan teknik persentase. Hasil penelitian dapat menunjukkan bahwa pemanfaatan alat peraga IPA dalam pembelajaran fisika dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa SMP Negeri I Buluspesantren Kebumen tahun pelajaran 2012/2013. Pemahaman konsep fisika siswa meningkat pada pra siklus 43,1% meningkat menjadi 61,6% setelah diberi tindakan siklus I dan meningkat menjadi 81,9% setelah diberi tindakan siklus II. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah pembelajaran dengan memanfaatkan alat peraga IPA dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran yang mengupayakan peningkatan pemahaman konsep fisika siswa. Kata Kunci: Alat Peraga IPA, Pemahaman Konsep Fisika |
Gambar Sampul | |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |