Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul Penggunaan Metode Group Discucion Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Diklat Sistem Bahan BakarMotor Bensin Kelas XI TKR 3 SMK Negeri 6 Purworejo
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Agus Panca Sulistyono
Subyek/Subjek Teknik Otomotif
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo
Tahun Terbit 2013
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik Agus Panca Sulistyono, 082170004. Penggunaan Metode Group Discucion Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Diklat Sistem Bahan BakarMotor Bensin Kelas XI TKR 3 SMK Negeri 6 Purworejo. Skripsi. Pendidikan Teknik Otomotif. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode group discucion pada mata diklat sistem bahan bakar motor bensin. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 6 Purworejo. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah data dokumentasi, tes hasil belajar, dan lembar observasi. Instrumen yang digunakan telah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas Subyek penelitian adalah kelas XI TKR 3 SMK Negeri 6 Purworejo. Berdasar Uji Ketuntasan Belajar setelah siswa memperoleh pembelajaran, terlihat bahwa ketuntasan berbeda secara signifikan. Pada siklus I sebsanyak 17 siswa yang tuntas dan dengan prosentase sebesar 62,96%, pada siklus II ketuntasan meningkat kembali menjadi 23 siswa yang tuntas dengan prosentase ketuntasan 85,13%. Dari segi aktivitas belajar siswa pada siklus I belum adanya saling kerja sama dalam kelompok meningkat pada siklus II yang terjalin kerjasama di dalam kelompok. Secara umum menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode group discucion berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar, prestasi belajar dan ketuntasan belajar dari pada yang memperoleh pembelajaran tanpa menggunakan metode group discucion. Melalui metode Group Discucion dalam mata diklat sistem bahan bakar motor bensin dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKR 3 SMK Negeri 6 Purworejo. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I sebanyak 71,6 dengan ketuntasan 62,96% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 79,8 dengan ketuntasan 85,13%. Dan aktifitas siswa dapat meningkat selama kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan Group Discucion dalam mata diklat sistem bahan bakar motor bensin di kelas XI TKR 3 SMK Negeri 6 Purworejo dilihat dari kekompakan kelompok yang meningkat, ketingkat yang baik dan kemampuan kelompok dalam menyelesaikan tugas. Kata-kata kunci: metode group discucion, prestasi belajar, sistem bahan bakar, motor bensin
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya