DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TGT PADA STANDAR KOMPETENSI PERBAIKAN SISTEM PENGAPIAN SISWA KELAS XI TKR 3 SMK NEGERI 6 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013 |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | Achmad Hasbi Ash Shiddiq |
Subyek/Subjek | Teknik Otomotif |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo |
Tahun Terbit | 2013 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | Achmad Hasbi Ash Shiddiq. Implementasi Model Pembelajaran TGT Pada Standar Kompetensi Perbaikan Sistem Pengapian Siswa Kelas XI TKR 3 SMK Negeri 6 Purworejo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Pendidikan Teknik otomotif. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2013. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam pembelajaran perbaikan sistem pengapian siswa kelas XI TKR 3 SMK Negeri 6 Purworejo Tahun Ajaran 2012/2013. (2) untuk meningkatkan prestasi belajar perbaikan sistem pengapian siswa kelas XI TKR 3 SMK Negeri 6 Purworejo dengan diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe TGT.. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian PTK kolaboratif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain: observasi, wawancara, dokumentasi, pengukuran tes, dan catatan lapangan Analisis yang digunakan peneliti menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Urutan kegiatan penelitian mencakup 4 tahap meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT pada pelajaran perbaikan sistem pengapian ada 2 tahap yang di dalamnya mencakup penyajian kelas, kerja kelompok, game, turnamen, dan penghargaan kelompok. Penerapannya sangatlah bagus meskipun banyak hambatan yang didapat pada pelaksanaannya, hal ini sesuai dengan respon siswa dalam wawancara yang menyatakan bahwa siswa sangat senang mengikuti pelajaran dengan cara berkelompok dengan tipe TGT dengan teman-temannya. (2) penerapan belajar kooperatif dapat meningkatkan prestasi siswa, hal ini dibuktikan pada hasil tes pada sebelum diadakannya penelitian, siklus I dan siklus II yang prosentase lulus mulai 22,2%, 88,8% sampai 100% . Kata-kunci: Prestasi, Pembelajaran Kooperatif Model TGT |
Gambar Sampul | |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |