DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | NILAI PENDIDIKAN NOVEL RANAH 3 WARNA KARYA AHMAD FUADI SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN SASTRA DI KELAS XI SMA |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | Tri Wahyuningsih |
Subyek/Subjek | Bahasa Indonesia |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo |
Tahun Terbit | 2013 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | Wahyuningsih, Tri. 2013. “Nilai Pendidikan Novel Ranah 3 Warna Karya Ahmad Fuadi sebagai Bahan Pembelajaran Sastra di Kelas XI SMA”. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. FKIP, Universitas Muhammadiyah Purworejo. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah unsur intrinsik dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi?, (2) bagaimanakah nilai pendidikan yang terdapat pada novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi?, dan (3) bagaimanakah kesesuaian nilai pendidikan novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi sebagai bahan pembelajaran sastra di kelas XI SMA? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi, (2) nilai pendidikan novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi, (3) kesesuaian nilai pendidikan novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi sebagai bahan pembelajaran sastra di kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah nilai pendidikan dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi yang meliputi nilai pendidikan agama, moral, adat/budaya, dan sosial, serta kesesuaian pembelajarannya di kelas XI SMA. Data yang digunakan berupa kutipan langsung maupun tidak langsung dari teks novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi pustaka dan observasi. Instrumen penelitian ini adalah penulis sendiri sebagai peneliti, kartu pencatat data, dan alat tulisnya. Analisis data dilakukan dengan metode analisis isi. Penyajian hasil analisis menggunakan teknik penyajian informal. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) tema novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi adalah perjuangan Alif demi meraih impian dan cita-cita dengan segala keterbatasan. Tokoh utamanya adalah Alif dan tokoh tambahannya: Raisa, Randai, Amak, Ayah, Bang Togar, Rusdi, Franc, Madeilene, dan Ferdinand. Alurnya adalah alur maju/progresif. Latar tempatnya: Bandung, Amman (Yordania), Quebec (Kanada), Maninjau, dan Cibubur Kamp. Latar waktunya adalah pagi, sore, dan malam hari, sedangkan latar waktu dimulainya cerita yaitu ketika Alif baru saja tamat dari Pondok Madani. Latar sosial melukiskan status sosial masyarakat menengah. Sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang persona pertama. Unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam novel Ranah 3 Warna tersebut saling berhubungan dan bernilai estetik, (2) nilai pendidikan dalam novel Ranah 3 Warna ada empat, yaitu nilai pendidikan agama meliputi beribadah, berdoa, bersyukur, tawakal, ikhlas, dan sabar, nilai pendidikan moral meliputi tekad kuat, pantang menyerah, sungguhsungguh, kerja keras, rajin belajar, mampu mengendalikan diri, disiplin, jujur, tanggung jawab, kreatif, nasionalisme, percaya diri, dan prasangka baik, nilai pendidikan adat/budaya meliputi melestarikan kesenian tradisional dan melestarikan budaya berpantun, nilai pendidikan sosial meliputi tolong-menolong, berbakti kepada orang tua, setia kawan, persahabatan, kasih sayang, memberi semangat, dermawan, musyawarah, dan rela berkorban, (3) kesesuaian nilai pendidikan novel Ranah 3 Warna sebagai bahan pembelajaran sastra di kelas XI SMA berdasarkan tinjauan dari segi bahasa, psikologi, dan latar belakang budaya. Ketiga aspek tersebut mendukung novel Ranah 3 Warna disesuaikan sebagai bahan pembelajaran sastra di kelas XI SMA. Kata kunci : unsur intrinsik, nilai pendidikan, bahan pembelajaran sastra |
Gambar Sampul | |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |