DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS BIOGRAFI PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH PURWOREJO DENGAN METODE SQ3R TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013 |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | Ruri Ruswati |
Subyek/Subjek | Bahasa Indonesia |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo |
Tahun Terbit | 2013 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | Ruswati, Ruri. 2013. “Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Biografi pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Purworejo dengan Metode SQ3R tahun Pembelajaran 2012/2013”. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan metode SQ3R dalampembelajaran membaca pemahaman teks biografi pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Purworejo tahun pembelajaran 2012/2013; (2) pengaruh metode SQ3R terhadap sikap siswa dalam pembelajaran membaca pemahaman teks biografi pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Purworejo tahun pembelajaran 2012/2013; (3) peningkatan kemampuan membaca pemahaman teks biografi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Purworejo tahun pembelajaran 2012/2013 setelah digunakan metode SQ3R. Teori utama yang menjadi acuan adalah teori membaca pemahaman dan teori metode SQ3R. Teori membaca pemahaman disampaikan oleh Sukirno (2009: 40-42) dan teori mengenai metode SQ3R(Survey, Question, Read, Recite, Review) yang disampaikan oleh Robinson (dalam Soedarso, 2004: 59-62). Dalam penelitian ini digunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus melalui tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Pengumpulan data dilaku-kan dengan tes, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan diskusi. Hasil penelitian ini adalah (1) penerapan metode SQ3R dalam pembelajaran membaca pemahaman wacana biografi pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Purworejo tahun pembelajaran 2012/2013dilakukan dalam siklus. Secara umum, langkah pembelajaran dengan metode SQ3R adalah: kegiatan awal, berisi apersepsi, motivasi, dan penyampaian tujuan pembelajaran; kegiatan inti, meliputi penjelasan materi mengenai teknik membaca yang baik, pembagian wacana biografi, siswa men-survey bacaan dengan baca cepat dan menandai bacaan, siswa menyusun pertanyaan yang berkaitan dengan wacana, siswa membaca pemahaman wacana biografi dengan teliti, siswa menjawab pertanyaan yang telah dibuat, siswa me-review atau mengulangi pembacaan, dan evaluasi; kegiatan akhir, berisi penyimpulan hasil belajar, saran dan pesan moral kepada siswa berkaitan dengan wacana biografi yang telah dibaca, serta refleksi; (2) penggunaan metode SQ3R dalam pembelajaran membaca pemahaman wacana biografi memberikan pengaruh positif terhadap perubahan perilaku siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Purworejo; (3) kemampuan membaca pemahaman wacana biografi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Purworejo meningkat setelah dilakukan pembelajaran dengan metode SQ3R. Nilai rata-rata kelas pada prasiklus adalah 45,62 (kategori kurang) yang meningkat sebesar 27,35 pada siklus I menjadi 72,97 (kategori cukup). Pada siklus II, nilai rata-rata kelas adalah 79,22 (kategori baik) yang berarti meningkatsebesar 6,36dari siklus I. Kata kunci: membaca pemahaman, teks biografi, metode SQ3R |
Gambar Sampul | ![]() |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |