Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul KAJIAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TOKOH REMAJA DALAM NOVEL NEGERI 5 MENARA KARYA AHMAD FUADI DAN ALTERNATIF PEMBELAJARANNYA DI SMA
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Nursiti
Subyek/Subjek Bahasa Indonesia
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo
Tahun Terbit 2013
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik Nursiti. 2013. “Kajian Nilai Pendidikan Karakter Tokoh Remaja dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi dan Alternatif Pembelajarannya di SMA.” Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) nilai pendidikan karakter tokoh remaja dalam novel Negeri 5 Menara dan (2) alternatif pembelajaran novel Negeri 5 Menara di SMA. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi. Data penelitian berupa kalimat-kalimat atau kutipan-kutipan yang ada dalam novel tersebut. Objek penelitian ini adalah sikap dan perilaku tokoh-tokoh remaja dalam novel Negeri 5 Menara dan alternatif pembelajaran novel Negeri 5 Menara dalam pembelajaran apresiasi sastra di SMA. Penelitian ini difokuskan pada nilai-nilai pendidikan karakter tokoh remaja novel Negeri 5 Menara dan indikator sikap atau perilaku tokoh yang menunjukkan nilai pendidikan karakter tersebut serta pembelajaran novel tersebut di SMA. Posisi peneliti dalam penelitian ini sebagai human instrument. Selain itu, instrumen kartu data juga dipakai untuk memudahkan peneliti dalam mengumpulkan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca dan catat. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Hasil analisis disajikan dengan teknik informal. Hasil penelitian ini adalah: (1) novel Negeri 5 Menara mengandung nilainilai karakter yang tercermin pada tokoh-tokoh remaja dalam novel tersebut. Nilai-nilai karakter yang ditunjukkan oleh tokoh-tokoh remaja dalam novel Negeri 5 Menara meliputi nilai religius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, peduli, dan tanggung jawab; (2) pembelajaran novel Negeri 5 Menara dapat dapat diterapkan dalam pembelajaran apresiasi sastra untuk kelas XI SMA, yakni pada Kompetensi Dasar mengungkapkan hal-hal yang menarik dan dapat diteladani dari tokoh dengan indikator pencapaian berupa siswa dapat menyampaikan intisari novel Negeri 5 Menara, menemukan nilai-nilai karakter tokoh remaja dalam novel Negeri 5 Menara, dan menghubungkan nilai-nilai karakter tokoh remaja dalam novel Negeri 5 Menara dengan kehidupan sehari-hari sehingga memberikan dampak yang baik bagi karakter siswa. Kata kunci: Negeri 5 Menara, nilai pendidikan karakter
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya