DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI (ANALISIS PROSES) MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS X SMA N 10 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2010/2011 |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | Muhtaroni |
Subyek/Subjek | Bahasa Indonesia |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo |
Tahun Terbit | 2013 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | Muhtaroni, 2013Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Pola Pengembangan (Analisis Proses) Menggunakan Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Kalikutes Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa setelah mendapakan pembelajaran keterampilan menulis karangan eksposisi pola pengembangan (analisis proses) pada siswa kelas X SMA Negeri 10 Purworejo menggunakan media gambar berseri, (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis eksposisi analisis proses menggunakan media gambar berseri. Subjek dalam penelitian ini adalahsiswa kelas X SMA N 10 Purworejo.Desain penelitian ini tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, dengan target antara 70-84.Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes.Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini 1) Perubahan tingkah laku siswa dapat dilihat secara jelas berdasarkan hasil data observasi siklus I dan siklus II.Hasil observasi siklus I siswa yang tidak memperhatikan penjelasan dan melakukan kegiatan yang tidak perlu ada 9,67% sedangkan siklus II perilakusiswa yang tidak memperhatikan penjelasan dan melakukan kegiatan yang tidak perlu ada 3,22%. Hal ini berarti perubahan perilaku siswa yang tidak memperhatikan penjelasan dan melakukan kegiatan yang tidak perlu berkurang menjadi 6,45%. 2) peningkatan keterampilan menulis karangan eksposisi analisis proses setelah mengikuti pembelajaran menggunakan media gambar berseri terbukti mengalami peningkatan yaitusiklus I60,77 atau termasuk kategori kurang baik, sedangkan nilai rata-rata siklus II sebesar 75,16 atau termasuk kategori cukup baik. Hal ini membuktikan adanya peningkatan dari siklus Ike siklus II sebanyak 14,39 atau sebesar 23,67%. Kata kunci: keterampilan menulis, karangan eksposisi pola pengembangan proses, media gambar berseri. |
Gambar Sampul | ![]() |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |