Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul PENINGKATAN MENULIS PARAGRAF NARASI DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA KELAS X SMK NEGERI I AMBAL TAHUN AJARAN 2011/2012
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Mariyam
Subyek/Subjek Bahasa Indonesia
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo
Tahun Terbit 2013
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik Mariyam. 2013“Peningkatan Menulis Paragraf Narasi Dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Pada Kelas X SMK Negeri I Ambal Tahun Aajaran 2011/2012”. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Tujuan penelitian ini, adalah (1) mendeskripsikan bagaimana kemampuan menulis paragraf narasi fiksi siswa kelas X SMK Negeri 1 Ambal sebelum diadakan pembelajaran dengan metode kooperatif dan (2) mendeskripsikan bagaimana kemampuan menulis paragraf narasi fiksi siswa kelas X SMK Negeri 1 Ambal sesudah diadakan pembelajaran dengan metode kooperatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) model Arikunto dengan dua siklus yang dilaksanakan pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Ambal. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat yang digunakan dalam pengambilan data berupa soal tes, observasi, angket siswa, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif dengan membandingkan rata-rata nilai yang diperoleh antarsiklus dan teknik analisis kritis dengan mengungkapkan kelemahan dan kelebihan kinerja siswa dalam belajar, sedangkan dalam penyajian hasil analisis data digunakan penggabungan teknik informal dan teknik formal yang dipaparkan secara deskriptif verbal dengan uraian atau katakata. Berdasarkan hasil analisis data penelitian disimpulkan (1) kemampuan menulis paragraf narasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Ambal sebelum diadakan pembelajaran kooperatif dikategorikan rendah karena rerata hasil tes kemampuan awal baru mencapai 58,1. Ada 25% (8 siswa) yang mendapat nilai di atas KKM (65) dan 75% (24 siswa) yang mendapat nilai di bawah KKM dan (2) kemampuan menulis paragraf narasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Ambal setelah diadakan pembelajaran kooperatif dikategorikan cukup baik karena rerata hasil tes siklus I adalah 66, atau terjadi peningkatan 7,9 angka. Rerata hasil tes siklus I mencapai 66 dan rerata hasil tes siklus II mencapai 80 atau terjadi peningkatan 14 angka. Rerata hasil tes kemampuan awal hingga siklus II meningkat 21,9 angka. Jumlah siswa yang memenuhi KKM pada kemampuan awal 8 siswa dan siklus I ada 20 siswa atau meningkat 16 siswa. Jumlah siswa yang memenuhi KKM siklus I adalah 20 siswa dan siklus II ada 32 siswa atau meningkat 12 siswa. Jumlah siswa yang mencapai KKM dari kemampuan awal hingga siklus II meningkat 24 siswa. Hasil akhir siswa menunjukkan 28 siswa telah memenuhi KKM dan 4 siswa belum memenuhi KKM. Kata kunci: paragraf narasi, metode pembelajaran kooperatif
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya