Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK PIDATO DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL BERBASIS KOOPERATIF “STUDENT TEAM LEARNING“ PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI I AMBAL KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2012/2013
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Kukuh Arif Dwi Nugroho
Subyek/Subjek Bahasa Indonesia
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo
Tahun Terbit 2013
Tempat Terbit Sebastopol, CA
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik Kukuh Arif Dwi Nugroho. “Peningkatan Keterampilan Menyimak Pidato dengan Media Audiovisual Berbasis Kooperatif Student Team Learning pada Siswa Kelas X SMK Negeri I Ambal Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2012/2013.” Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2013 Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan keterampilan menyimak pidato siswa kelas X SMK Negeri 1 Ambal melalui media audiovisual dengan pendekatan kooperatif metode Student Team Learning; dan (2) mengetahui peningkatan keterampilan menyimak dan perubahan sikap siswa kelas X SMK Negeri 1 Ambal setelah pelaksanaan pembelajaran menyimak pidato melalui media audiovisual dengan pendekatan kooperatif metode Student Team Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) model Arikunto dengan dua siklus yang dilaksanakan pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Ambal. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat yang digunakan dalam pengambilan data berupa soal tes, observasi, angket siswa, jurnal guru, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif dengan membandingkan rata-rata nilai yang diperoleh antarsiklus dan teknik analisis kritis dengan mengungkapkan kelemahan dan kelebihan kinerja siswa dalam belajar, sedangkan dalam penyajian hasil analisis data digunakan penggabungan metode informal yang dipaparkan secara deskriptif verbal dengan uraian atau kata-kata. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa (1) pembelajaran menyimak pidato berbasis kooperatif STL dengan menggunakan media audiovisual mampu meningkatkan proses dan hasil pembelajaran menyimak siswa, dan dapat meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa. Siswa memberikan respons positif terhadap pembelajaran menyimak dengan menunjukkan sikap senang yang tampak dari raut wajah siswa saat melaksanakan pembelajaran menyimak. Pada proses pembelajaran siklus I siswa menyimak pidato berbasis kooperatif dengan media audio, sedangkan pada siklus II siswa menyimak pidato berbasis kooperatif dengan media audiovisual, dan (2) kemampuan siswa dalam menyimak pidato pada prasiklus diperoleh rata-rata sebesar 50,4, termasuk dalam kategori kurang. Setelah dilaksanakan penelitian pada siklus I dan siklus II dengan metode student team learning dan penggunaan media audiovisual nilai rata-rata yang diperoleh siswa mengalami peningkatan: pada siklus I mencapai 66,7, termasuk dalam kategori cukup dan pada siklus II dicapai nilai rata-rata 73,3, termasuk dalam kategori baik. Kata kunci: menyimak, pidato, media audiovisual, Student Team Learning
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya