Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul PENGGUNAAN TEKNIK TRIFOKUS STEVE SNYDER DAN MEDIA VIDEO TUTORIAL MEMBACA CEPAT KARYA MUHAMMAD NOER SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KECEPATAN EFEKTIF MEMBACA (KEM) PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH PITURUH PURWOREJO TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Khoirum
Subyek/Subjek Bahasa Indonesia
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo
Tahun Terbit 2013
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik ABSTRAK Khoirum. 2013. “Penggunaan Teknik Trifokus Steve Snyder Dan Media Video Tutorial Membaca Cepat Karya Muhammad Noer sebagai Upaya Peningkatan Kecepatan Efektif Membaca (KEM) pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Pituruh Purworejo Tahun Pembelajaran 2012/2013.” Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan peningkatan Kecepatan Efektif Membaca (KEM) teks siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Pituruh tahun pembelajaran 2012/2013 setelah dilakukan pembelajaran membaca cepat dengan teknik Trifokus Steve Snyder dan media video tutorial membaca cepat karya Muhammad Noer; (2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Pituruh tahun pembelajaran 2012/2013 dalam pembelajaran membaca cepat dengan teknik Trifokus Steve Snyder dan media video membaca cepat karya Muhammad Noer. Teori utama yang menjadi acuan adalah teori speed reading dan teknik Trifokus Steve Snyder. Teori speed reading disampaikan oleh Soedarso (2006: 18- 29) dan teori tentang teknik Trifokus Steve Snyder disampaikan oleh DePorter & Hernacki (2009: 269-274). Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus melalui tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Pituruh tahun pelajaran 2012/2013. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan jurnal siswa. Analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini: (1) implementasi pembelajaran membaca cepat dengan teknik Trifokus Steve Snyder dan media video tutorial membaca cepat karya Muhammad Noer mampu meningkatkan KEM siswa. Skor rata-rata KEM prasiklus hanya sebesar 123,03 kpm (kategori sedang). Pada siklus I, skor ratarata hasil KEM siswa menjadi 149,17 kpm (kategori sedang) dan siklus II menjadi 172,57 kpm (kategori cepat). Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan skor ratarata KEM siswa dari prasiklus sampai siklus I sebesar 26,14 kpm (11,51%), sedangkan peningkatan skor rata-rata KEM siklus I ke siklus II sebesar 23,40 kpm (10,31%) (2) implementasi pembelajaran membaca cepat dengan teknik Trifokus Steve Snyder dan media video tutorial membaca cepat karya Muhammad Noer memiliki pengaruh positif terhadap perubahan perilaku siswa. Dari hasil observasi proses, diketahui bahwa keaktifan dan resemangat siswa dalam proses pembelajaran membaca cepat terus mengalami perubahan ke arah yang lebih baik dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Dari observasi kebiasaan membaca, diketahui bahwa kebiasaan buruk yang menghambat kecepatan siswa terus berkurang dari prasiklus, siklus, dan siklus II. Selain itu, hasil jurnal siswa juga menunjukkan bahwa minat siswa terhadap pembelajaran membaca cepat pada siklus II lebih tinggi dibandingkan dengan minat siswa pada pembelajaran siklus I. Kata kunci: membaca cepat, teknik Trifokus Steve Snyder
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya