DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT PRIBADI MELALUI METODE PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) PADA SISWA KELAS V SD KRISTEN 03 WONOSOBO TAHUN AJARAN 2011/2012 |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | Endang Retno Sulistyaningsih |
Subyek/Subjek | Bahasa Indonesia |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo |
Tahun Terbit | 2013 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | Endang Retno Sulistyaningsih. Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Pribadi Melalui Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) Pada Siswa Kelas V SD Kristen 03 Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Purworejo: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2013. T ujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan proses pembelajaran menulis surat pribadi dengan metode peta pikiran (mind mapping) dan meningkatkan kemampuan keterampilan menulis surat pribadi pada siswa kelas V SD Kristen 03 Wonososbo dengan metode peta pikiran (mind mapping). Y ang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah kemapuan menulis surat pribadi, sedangkan metode tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode peta pikiran (mind mapping). Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas berlangsung 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Kristen 03 Wonososbo yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif. Kedua teknik tersebut dianalisis dengan membandingkan hasil tes siklus I dan siklus II. Dalam penyajian hasil analisis digunakan metode informal. B erdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis surat pribadi setelah diadakan tindakan kelas dengan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping). Hal itu dapat ditunjukkan nilai rata-rata kegiatan siswa pada siklus I nilainya 2,67 dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II nilainya menjadi 3,75 dengan kriteria sangat baik. Ada peningkatan kemampuan01 menulis surat pribadi setelah diadakan tindakan kelas dengan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping). Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan menulis surat pribadi siswa sebelum dan sesudah tindakan. Pada siklus I ada peningkatan kemampuan menulis surat pribadi dari rata-rata 61,2 menjadi 65,8 dengan ketuntasan klasikal 68% dan pada siklus II ada peningkatan kemampuan menulis surat pribadi dari rata-rata 65,8 menjadi 73 dengan ketuntasan kalsikal 84%. Dengan demikian, Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi siswa kelas V SD Kristen 03 Wonosobo Tahun Ajaran 2011/2012. Kata Kunci: Kemampuan menulis surat pribadi, metode peta pikiran |
Gambar Sampul | |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |