Select Language
Pencarian Sederhana
Pencarian Spesifik
Judul : Pengarang :
  • SEARCHING...
Subyek/Subjek :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Tipe Koleksi : Lokasi :
Link Universitas

Design by PPTIK UMP

DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul REALISASI PRINSIP KESOPANAN BERBAHASA INDONESIA DI LINGKUNGAN SMA MUHAMMADIYAH PURWOREJO TAHUN 2012 DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA DI SMA
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Pengarang Budi Cahyono
Subyek/Subjek Bahasa Indonesia
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo
Tahun Terbit 2013
Tempat Terbit Purworejo
Kolasi
Catatan
Detil Spesifik Budi Cahyono. “Realisasi Prinsip Kesopanan Berbahasa Indonesia di lingkungan SMA Muhammadiyah Purworejo Tahun 2012 dan Relevansinya dengan Pembelajaran Keterampilan Berbicara di SMA”. Skripsi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Purworejo 2013. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Prinsip kesopanan berbahasa Indonesia apa saja yang digunakan antara siswa dan guru dalam berkomunikasi di lingkungan SMA Muhammadiyah Purworejo? (2) Bagaimanakah realisasi prinsip kesopanan berbahasa Indonesia antara siswa dan guru di lingkungan SMA Muhammadiyah Purworejo tahun 2012 dan relevansinya dengan pembelajaran keterampilan berbicara di SMA? Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan macam penerapan prinsip kesopanan berbahasa Indonesia antara siswa dan guru dalam berkomunikasi di lingkungan SMA Muhammadiyah Purworejo dan (2) mendeskripsikan realisasi prisip kesopanan berbahasa Indonesia antara siswa dan guru di lingkungan SMA Muhammadiyah Purworejo tahun 2012 dan relevansinya dengan pembelajaran keterampilan berbicara di SMA. Secara teoretis, penelitian ini menggunakan teori prinsip kesopanan (Leech 1983: 132). Secara metodologis, objek penelitian ini berupa realisasi prinsip kesopanan berbahasa Indonesia antara siswa dengan guru di lingkungan SMA Muhammadiyah Purworejo. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak catat (Sudaryanto, 1993: 135) dan teknik rekam (Sudaryanto, 1993: 135). Analisis data dilakukan dengan metode padan dan daya pilah pragmatis. Hasil analisis data dipaparkan dengan metode informal (Sudaryanto, 1993: 145). Prinsip kesopanan yang digunakan oleh siswa dan guru di lingkungan SMA Muhammadiyah Purworejo meliputi maksim kearifan, maksim kedermawanan, maksim kerendahan hati, maksim kesepakatan, dan maksim simpati. Berdasarkan analisis data, disimpulkan prinsip kesopanan berbahasa Indonesia telah direalisasikan di lingkungan SMA Muhammadiyah Purworejo. Dengan ditemukannya 14 pematuhan dan 6 pelanggaran prinsip kesopanan berbahasa Indonesia. Ke-14 data pematuhan terdiri dari 2 maksim kearifan, 4 kedermawanan, 1 maksim kerendahan hati, 6 maksim permufakatan, 1 maksim kesimpatian. Tuturan yang melanggar prinsip kesopanan berbahasa meliputi: 3 maksim kedermawanan, 3 maksim kesepakatan. Tidak ditemukan pelanggaran atau pematuhan maksim pujian. Realisasi prinsip kesopanan berbahasa Indonesia tersebut relevan dengan pembelajaran keterampilan berbicara di SMA, sebagaimana tertera pada silabus dengan kompetensi dasar 7.2 Mengajukan pertanyaan atau tanggapan dalam dikusi atau seminar. Kata kunci: prinsip kesopanan, realisasi prinsip kesopanan di lingkungan SMA Muhammadiyah, pembelajaran berbicara.
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya