DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | NILAI MORAL NOVEL TITIAN SANG PENERUS KARYA ALANG-ALANG TIMUR SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | Andhina Linda Rakhmawati |
Subyek/Subjek | Bahasa Indonesia |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo |
Tahun Terbit | 2013 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | Rakhmawati, Andhina Linda. 2013. “Nilai Moral Novel Titian Sang Penerus karya Alang- Alang Timur sebagai Bahan Pembelajaran Sastra di SMA”. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. FKIP, Universitas Muhammadiyah Purworejo. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah unsur intrinsik (tema, tokoh, alur, latar dan sudut pandang) novel Titian Sang Penerus karya Alang-Alang Timur?, (2) bagaimanakah nilai moral yang terdapat dalam novel Titian Sang Penerus karya Alang-Alang Timur?, dan (3) bagaimanakah kesesuaian nilai moral novel Titian Sang Penerus karya Alang-Alang Timur sebagai bahan pembelajaran sastra di SMA? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik (tema, tokoh, alur, latar dan sudut pandang) novel Titian Sang Penerus karya Alang-Alang Timur, (2) wujud nilai moral novel Titian Sang Penerus karya Alang-Alang Timur, (3) kesesuaian wujud nilai moral novel Titian Sang Penerus karya Alang-Alang Timur sebagai bahan pembelajaran sastra di SMA. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori moral yang dikemukakan oleh (Nurgiyantoro, 2012: 323) yakni, (a) hubungan manusia dengan Tuhannya, (b) hubungan manusia dengan manusia termasuk hubungannya dengan lingkungan alam, dan (c) hubungan manusia dengan dirinya sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Objek penelitian ini adalah pada wujud nilai moral yang terdapat dalam novel Titian Sang penerus karya Alang- Alang Timur dan kesesuaian wujud nilai moral novel Titian Sang Penerus sebagai bahan pembelajaran sastra di SMA. Data yang digunakan pada penelitian ini berupa kutipan langsung maupun tidak langsung dari teks novel Titian Sang penerus. Sumber data yang digunakan adalah teks novel Titian Sang penerus karya Alang-Alang Timur yang diterbitkan oleh Diva Press. Fokus penelitian pada wujud nilai moral karya sastra yang terdapat dalam novel Titian Sang Penerus karya Alang-Alang Timur dan pembelajaran sastra di SMA. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah penulis sebagai peneliti, kartu pencatat data dan alat tulisnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik simak catat dan teknik studi pustaka. Teknik analisis data dilakukan dengan metode analisis isi. Dalam penyajian hasil analisis digunakan teknik penyajian informal (Sudaryanto, 1993: 145). Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik dalam novel Titian Sang Penerus karya Alang-Alang Timur jalin terjalin menyatu dengan nilai moral. Tema, tokoh dan penokohan, alur, latar dan sudut pandang tidak ada yang bertentangan dengan nilai moral yang terkandung di dalamnya serta bersama-sama membangun cerita dan memenuhi syarat sebagai karya sastra, (2) nilai moral dalam novel Titian Sang Penerus ada empat, yaitu wujud nilai moral hubungan manusia dengan Tuhannya meliputi beribadah, berdoa, bersyukur, dan memohon ampun kepada Allah, nilai moral hubungan manusia dengan manusia meliputi sikap tolong-menolong, berbakti kepada orang tua, persaudaraan, kerjasama, memuji (menyanjung orang lain), persahabatan, memberi semangat, menasehati, dan sikap kekeluargaan, nilai moral hubungan manusia dengan diri sendiri meliputi sikap niat baik, ramah, prasangka baik, berpikir cerdas, sabar, bijaksana, sikap sadar, rendah diri, intropeksi diri, mandiri, rela berkorban, pantang menyerah, dan berpendirian, dan nilai moral hubungan manusia dengan lingkungan alam seperti simpati terhadap alam, dan memuji keindahan alam, (3) kesesuaian wujud nilai moral novel Titian Sang Penerus sebagai bahan pembelajaran sastra di SMA berdasarkan tinjauan dari segi bahasa, psikologi, dan latar belakang budaya. Ketiga aspek tersebut mendukung novel Titian Sang Penerus disesuaikan sebagai bahan pembelajaran sastra di SMA. Kata kunci : unsur intrinsik, nilai moral, bahan pembelajaran sastra |
Gambar Sampul | ![]() |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |