DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya
Kembali ke sebelumnya
Judul | A CORRELATION STUDY BETWEEN STUDENTS’ LISTENING ACHIEVEMENT AND THEIR TOEIC TEST SCORES ON THE SIXTH SEMESTER OF ENGLISH DEPARTMENT AT MUHAMMADIYAH UNIVERSITY OF PURWOREJO |
Edisi | |
No. Panggil | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | ABDUL NGAFIF, M.Pd.BI TUSINO, M.Pd.BI |
Subyek/Subjek | Bahasa Inggris |
Klasifikasi | |
Judul Seri | GMD | Data Penelitian |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo |
Tahun Terbit | 2012 |
Tempat Terbit | Purworejo |
Kolasi | |
Catatan | |
Detil Spesifik | ABSTRAK: Ngafif, Abdul. 2012. A Correlation Study Between Students’ Listening Achievement and Their Toeic Test Scores on the Sixth Semester of English Department at Muhammadiyah University of Purworejo Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana nilai listening mahasiswa, memaparkan nilai TOEIC yang diperoleh serta menemukan hubungan atau korelasi antara kemampuan listening mahasiswa dengan skor TOEIC. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif (quantitative research) sedangkan desain penelitian ini yaitu dengan menemukan korelasi antara kemampuan listening mahasiswa dengan skor TOEIC mereka. Disini, peneliti melakukan tes listening pada sejumlah mahasiswa serta mengambil data hasil TOEIC pada mahasiswa yang yang sama kemudian melakukan analisis korelasi terhadap kedua variabel tersebut. Penelitian ini dilakukan dari bulan September hingga Desember 2012 pada kelas Listening III dan melibatkan 140 mahasiswa dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris yang selanjutnya disebut sebagai populasi kemudian peneliti mengambil 100 mahasiswa sebagai sampel. Teknik sampling yang digunakan peneliti adalah teknik random sampling dimana para mahasiswa mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi objek penelitian. Instrumen yang digunakan peneliti yaitu tes untuk listening serta dokumen hasil TOEIC mahasiswa. Setelah dilakukan analisis data, ada beberapa temuan yaitu sebagai berikut. Pertama, rata-rata kemampuan listening mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris yaitu 74.15 dan termasuk dalam kategori bagus. Kedua, rata-rata skor TOEIC mahasiswa adalah 550.65 dan dapat dikategorikan dalam level warna hijau (470-725). Ketiga, ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan listening mahasiswa dengan skor TOEIC tes dan nilai korelasinya adalah 0.737. Angka 0.737 diperoleh dari hasil analisis korelasi antara kemampuan listening mahasiswa dengan skor TOEIC mereka yang berasal dari sejumlah sampel 100 (N=100) dengan taraf kesalahan sebesar 5%. Perhitungan dilakukan dengan menggunakan dua metode yaitu menggunakan program Microsoft Excel dan program statistik SPSS. Hasil perhitungan kedua metode tersebut menunjukkan angka yang sama yaitu 0.727. Setelah itu, penulis melakukan interpretasi dengan membandingkan rhitung dengan rtabel. Ternyata, rhitung > rtabel yaitu 0.737 > 0.195. Angka tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kemampuan listening mahasiswa dengan skor TOEIC mereka serta angka 0.737 menunjukkan bahwa tingkat korelasi antara kedua variabel tersebut termasuk dalam kategori tinggi. |
Gambar Sampul | |
Lampiran | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |